Senin, 07 Mei 2018

                       WISATA    WADUK CENGKLIK

 

Waduk Cengklik terletak di desa Ngargorejo dan Sobokerto, kecamatan Ngemplak, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Nama Cengklik diambil dari dukuh pertama yang dimulai menjadi waduk yaitu Dukuh Cengklik.

 

 

Lokasi Waduk Cengklik Boyolali berada di sebelah barat Bandara Udara Adi Sumarmo Solo. Rute menuju waduk ini dari kota Solo ikuti Jalan Adi Sumarmo Solo hingga tiba di perempatan lampu merah Colomadu. Dari perempatan Colomadu pilih jalan ke kanan menuju ke arah Bandara Adi Sumarmo. Setelah melewati perbatasan kabupaten dan jembatan ada sebuah perempatan lampu merah. Pada perempatan tersebut ambil jalan ke arah kiri dan susuri jalan tersebut hingga tiba di tepi tanggul Waduk Cengklik. Posisi tanggul tersebut berada di sebelah kanan jalan dan ditandai dengan akses jalan rusak menuju tempat tersebut. Rute lain menuju tempat ini melalui jalur Kartasura – Terminal Bus Kartasura – Colomadu – Waduk Cengklik.

 

Ada 3 (tiga) akses masuk menuju Waduk Cengklik yaitu dari barat, tenggara, dan selatan. Akses dari selatan dan tenggara tidak dikenakan tarif masuk yang tetap bahkan kadang tidak dijaga. Namun bila pengunjung melewati akses barat dikenakan retribusi masuk pada gerbang masuk kawasan waduk. Keberadaannya terkesan pungli (pungutan liar) karena petugas yang menarik retribusi tidak mengenakan seragam resmi. Kondisi taman yang dibangun sebagai gerbang masuk waduk terlihat kurang terawat dan rusak. Selain itu belum tersedia fasilitas kamar mandi umum disekitar area parkir wisata waduk ini. Pemerintah daerah setempat sepertinya kurang memperhatikan obyek wisata yang ada di daerahnya. Pengunjung yang akan menuju tepi waduk dipersilakan menaiki tangga naik pada dinding tanggul waduk.

Waduk Cengklik dibangun pada kisaran tahun 1926-1928 oleh Pura Mangkunegaran dan Pemerintah Kolonial Belanda. Pada tahun 1970 waduk ini masih mampu menampung air sebanyak 17,5 juta meter kubik namun tahun 1998 kapasitas air menurun menjadi 12,5 juta meter kubik. Diperkirakan saat ini waduk hanya mampu menampung sekitar 9 juta meter kubik. Turunan daya tampung waduk akibat tingginya proses pendangkalan.Waduk cengklik boyolali solo misteri sejarah memakan korban jebol wikipedia angker tenggelam map terletak di kabupaten termasuk provinsi meluap adi mar alamat banjir baru lokasi mitos colomadu cerita deskripsi denah danau dimana eceng gondok foto fungsi fotografi gambar hari ini malam berita ikan info irigasi tengah tanggul jembatan karanganyar kuliner kabar legenda luas maps membara ngemplak peta perumahan penunggu profil pemancingan penelitian prewedding proyek photography pesona rute surakarta sekarang sunrise wisata sunset solopos terbaru youtube tawuran tragedi touring asal usul dalam bahasa jawa mistis

 

 

Saat matahari terbenam, suasana di waduk ini akan lebih romantis. langit yang jingga akan berpadu dengan kegiatan para nelayan tambak yang mengayuh perahu. Kita juga dapat menikmati kuliner khas di waduk ini, yaitu pecel ikan wader.

Tiket masuk ke waduk ini sebesar Rp.3.000. saja. Pada akhir pekan, perahu nelayan disewakan untuk pengunjung yang ingin berkeliling ke tengah waduk.



sumber : wisata waduk cengklik
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar